17 Warga Kecamatan Tinombo Parigi Moutong Jalani Isolasi Mandiri, Menunggu Hasil SWAB Test

Gugus-Tugas-Penanganan-Covid-19-Parigi-Moutong-Sulteng
Gugus-Tugas-Penanganan-Covid-19-Parigi-Moutong-Sulteng
287 Shares

Berita parigi moutong, infoparigi.com – Sebanyak 17 warga Desa Tada Parimo Sulawesi Tengah (Sulteng) menjalani isolasi mandiri sambil menunggu hasil SWAB test virus corona.

17 warga Desa Tada Kecamatan Tinombo menjalani SWAB test di Gedung Isolasi Asrama Diklat BKPSDM Parimo,” ungkap Jubir Gugus tugas Covid-19 Parimo Sulteng, Irwan, SKM, usai rapat dengar pendapat dengan DPRD, Senin 8 Juni 2020.

Ia melanjutkan, karena memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi virus corona, mereka harus menjalani SWAB test.

Hasil SWAB test 17 warga Desa Tada Parimo Sulteng itu kata dia, akan keluar sekitar dua atau tiga hari mendatang.

“Saat ini kita semua menunggu. Saat ini, sampel SWAB ke 17 warga itu diserahkan ke laboratorium kesehatan,” terangnya.

Setelah menjalani SWAB test kata dia, sesuai dengan protokol kesehatan covid-19 seluruh warga itu harus menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu, warga Desa Tada terkonfirmasi positif corona sedang menjalani isolasi mandiri di Kota Palu.

Ia melanjutkan, terkait penanganan covid-19 pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan gugus tugas penanganan covid-19 di Provinsi Sulawesi Tengah

Sebelumnya, Dinkes Parimo Sulteng juga akan melakukan isolasi dan SWAB test kepada sejumlah pihak. Yang sempat berinteraksi dengan salah satu pegawai Bawaslu RI alamat KTP Desa Tada Selatan yang dinyatakan positif corona.

“Mulai Senin 8 Juni 2020, petugas kami akan segera melakukan tracking terhadap riwayat dan aktifitas interaksi yang bersangkutan” terang Kadis Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong dr Revi Tilaar.

Ia mengatakan, hasil dari SWAB test nanti, akan segera diumumkan untuk mengambil tindakan selanjutnya.

Diketahui dari Jubir Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Parigi Moutong, membenarkan adanya salah seorang warga beralamat KTP Desa Tada Selatan, Kecamatan Tinombo Selatan terkonfirmasi virus corona

“Dia terkonfirmasi positif corona dari hasil SWAB Laboratorium kesehatan Kota Palu, sudah hampir dua tahun berdomisili di Jakarta. Dari data yang kami himpun, pria itu bekerja di Bawaslu Republik Indonesia,” jelas Jubir Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Parigi Moutong, Irwan, SKM.

Menurutnya, dia mudik untuk lebaran bersama orang tuanya di Desa Tada Selatan. Dan tinggal di sana selama tiga pekan.

Sebelumnya, dia telah menjalani masa karantina di Kota Palu selama dua minggu, sebelum masuk ke Parigi Moutong.

“Ketika hendak balik bekerja ke Jakarta, yang bersangkutan sempat melakukan SWAB test Dinas Kesehatan Provinsi di Kota Palu. Dan hasilnya positif, ” jelasnya.

Ia melanjutkan, kasus ini serupa dengan kasus salah satu warga alamat KTP Desa Toboli, Kecamatan Parigi Utara, yang berdomisili di Kabupaten Sigi. Yang beberapa waktu lalu dinyatakan positif.

Ia berharap agar warga Parigi Moutong, tidak panik dan tetap tenang. Saat ini kata dia, Gugus Tugas Covid – 19 Kabupaten Parigi Moutong, telah mengambil langkah – langkah yang diperlukan.

Sumber : Gemasulawesi (Muhammad Rafli)

287 Shares
About admin 12 Articles
infoparigi.com adalah platform media berita kolaboratif, terkini Parigi moutong hari ini yang menyajikan informasi news daerah parigi , wisata, kuliner dan travel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*