Pukul Satgas Corona Buol Sulteng, Pelaku Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

infoparigi.com
infoparigi.com
0 Shares
10

Berita sulawesi tengah, Infoparigi – Kasus tindak kekerasan pukul Satgas Virus Corona dan Kepala Desa Lipubogu Kabupaten Buol Sulteng, berujung pada ancaman tujuh tahun penjara untuk pelaku.

“Kasus pukul Satgas Virus Corona dan Kades terjadi pada hari Minggu 24 Mei 2020 pukul 07.00 Wita di Masjid Al Hikmad Lipubogu Kecamatan Gadung Buol Sulteng,” ungkap Kapolres Buol, AKBP Wawan Sunarwirawan, Selasa 26 Mei 2020.

Terkait kejadian itu kata dia, kepolisian menerima keluhan tindak pidana di muka umum. Secara bersama-sama melakukan kekerasan kepada orang.

Pihaknya langsung menindak lanjuti laporan penganiayaan itu. Dan langsung melakukan pemeriksaan pada hari itu juga.

“Dari 21 orang yang diperiksa, memenuhi unsur pidana hanya 13 orang,” jelasnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini masih proses pemeriksaan. Pelaku sudah diamankan, sudah naik ke tahap penyidikan. Dan sudah dinyatakan statusnya jadi tersangka.

Penyidik mempersangkakan mereka dengan pasal 170 ayat (2) ke-1e subsider pasal 351 ayat (1) Jo pasal 55 ayat (1) KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.

Diketahui, 13 orang yang jadi tersangka adalah HS, AD, SS, KA, AM, Z, SH, JS, ID, IP, SL, IR dan RI. Semuanya warga Desa Lipubogu Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol.

Ia menjelaskan, timnya juga sudah berkerja sama dengan Kejaksaan Negeri Buol untuk tahap selanjutnya.

“Proses penahanan dilaksanakan secara umum, namun tetap memperhatikan prosedur kesehatan. Walaupun hasil rapid test 13 pelaku terdata negatif corona,” ujarnya.

Kronologis kejadiannya, penganiayaan itu bermula ketika Kepala Desa mengimbau warga agar tidak Shalat Idul Fitri di masjid. Mengingat, Pemdes menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah itu.

Namun, ada beberapa pihak memprovokasi. Sehingga terjadi pemukulan kepada Satgas corona dan Kades.

Ia melanjutkan, saat ini satu korban mendapatkan perawatan ringan dan empat korban lainnya sudah menjalani aktifitas seperti biasa.

“Warga bisa melakukan aktivitas seperti biasa, dengan tetap menjalankan ketentuan PSBB yang berlaku di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah,” tuturnya.

Mengingat Kabupaten Buol merupakan salah satu daerah zona merah positif virus corona sejumlah 52 orang. Dan ini merupakan angka tertinggi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Berita ini telah dimuat di gemasulawesi.

0 Shares
About admin 12 Articles
infoparigi.com adalah platform media berita kolaboratif, terkini Parigi moutong hari ini yang menyajikan informasi news daerah parigi , wisata, kuliner dan travel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*